Belajar Piano Keyboard Cara Bermain Nada Outside Pada Bridge Chords, Latihan Improvisasi Piano

belajar piano keyboard, belajar chord piano keyboard, passing notes, bridge chords


Cara Bermain Nada Outside Pada Bridge Chords, Teknik Improvisasi Piano Keyboard


Ini adalah contoh permainan piano keyboard cara bermain teknik improvisasi nada outside yang dimainkan bersama kunci / chord penghubung (bridge chords). Cara bermain piano keyboard seperti ini adalah cara bermain yang variatif, indah, berkelas dan lebih musikal.

Bermain nada-nada outside memang tidak mudah karena asal dari penggunaan nada ini sebenarnya justru harus dihindari (avoid notes) karena karakter bunyinya yang sumbang / fals atau disharmonik, namun disinilah uniknya musik terutama karakter musikal yang pada dasarnya tidak terpengaruh dengan aturan apapun selama dimainkan secara pas timingnya, penempatannya dan improvisasinya.


Nada-Nada Outside


Nada outside adalah nada-nada yang berada diluar tangga nada dasar yang sedang dimainkan, artinya nada-nada ini seharusnya tidak dimainkan karena tidak masuk dalam rumus dasar tangga nada yang sedang dimainkan, namun jika kita menerapkan nada-nada ini secara kreatif dan benar maka justru penerapannya akan meningkatkan kualitas permainan alat musik kita terutama dalam hal harmonisasinya baik secara chording maupun scaling. 

Lawannya nada outside adalah nada inside (nada yang berada didalam tangga nada yang sedang dimainkan).


Bridge Chords / Kunci Penghubung


Bridge chords adalah kunci / chord yang digunakan sebagai jembatan / penghubung antar chord agar permainan progresi chord kita menjadi lebih kaya nada, kaya harmoni, berkualitas dan lebih musikal. Bridge chords juga umum disebut ornamen (penghias) progresi chord.


Hakikatnya Nada Sumbang / Fals


Ya, banyak orang yang sering bilang,"wah ini fals, ini sumbang, gak enak didengar..." kalimat ini muncul saat mendengar permainan musik yang biasanya salah secara nada maupun harmoni dalam kaitannya dengan nada dasar yang sedang dimainkan maupun progresi chord yang sedang berjalan. Tentu hal ini wajar sebab nada yang berada diluar (outside) tangga nada dasar yang sedang dimainkan memang bunyinya sumbang.

Namun apakah nada sumbang itu tidak bisa digunakan atau harus benar-benar dihindari ? jawabannya tentu,"tidak juga," dalam teknik bermain alat musik seperti piano keyboard banyak sebenarnya nada-nada sumbang yang enak jika dimainkan terutama tentunya sebagai passing notes (nada lewat sebentar), dari sinilah permainan yang lebih musikal dan lebih berkelas akan terdengar.

Berikut ini adalah video contoh permainan (bukan video tutorial detail belajar) bagaimana cara bermain nada outside dan bridge chords dalam penerapannya pada progresi chord yang sedang dimainkan, para pemula / menengah sangat disarankan menonton video ini setidaknya bisa menambah wawasan tentang bagaimana bermain alat musik yang lebih variatif dan musikal. Selamat menonton dan semoga bermanfaat....







(Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik)



Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama