Belajar Kunci Gitar Chord Mayor Minor Tuntas Untuk Pemula



belajar kunci gitar, belajar chord gitar, tutorial latihan bermain kunci chord dasar gitar mayor minor untuk pemula


Belajar Kunci Chord Gitar Dasar Untuk Pemula


Belajar chord gitar (kunci gitar) dasar, kupas tuntas untuk pemula - ada 3 jenis chord paling utama, paling dasar, paling penting dan paling pokok dalam dunia musik yang wajib diketahui oleh para pemula, cara mudah dan cepat belajar kunci / chord gitar dasar dengan penjelasan yang gampang diikuti, mudah dipahami, komprehensif (membahas berbagai dimensi lainnya) serta sangat fundamental untuk diketahui terutama oleh para pemula.

Chord / Kunci Mayor Gitar

Adalah jenis atau tipe chord gitar yang paling baku dan fundamental, yang juga sering dijadikan patokan atau referensi untuk mengembangkan kunci /chord gitar ke pengembangan jenis-jenis chord lainnya. Chord mayor memiliki sugesti (kesan) bunyi yang cerah, normal dan biasa. Chord ini secara umum ada di hampir setiap lagu apapun aliran genre musiknya.

Chord / Kunci Minor Gitar

Adalah jenis atau tipe chord yang juga sangat baku dan fundamental (chord terpenting kedua setelah chord mayor), juga sering dijadikan patokan awal untuk mengembangkan chord ke jenis-jenis lainnya atau lanjutannya. Chord minor memiliki sugesti / kesan bunyi yang sedih, mendung dan penuh pengkhayatan. Tidak mengherankan jika chord ini banyak didapati di lagu/musik yang bernuanasa sedih atau galau, walaupun juga chord ini bisa diterapkan di lagu/musik yang ceria.

Chord / kunci Dominant 7 Gitar

Adalah jenis atau tipe chord yang memiliki formula (chord tones) 4 nada, otomatis lebih kaya harmoni nada dibandingkan dengan kunci/chord mayor dan minor yang hanya memiliki formula 3 nada. Chord/kunci ini secara garis besar umum digunakan di lagu/musik yang cenderung berat dan kompleks seperti jazz, blues, funk, progresif dan lain-lain. Kehadiran chord ini dalam progresi chord sangat baik dan bagus karena memberi kesan warna musik yang kaya harmoni sehingga kesan musik cerdas dan berkualitas tersemat pada ada tidaknya chord ini dalam progresi chord yang dimainkan.

Definisi, Arti, Pengertian Kunci/Chord Serta Proses Pembentukannya

Chord gitar atau biasa disebut kunci gitar (*saya lebih setuju jika penamaannya chord, kord atau akord, sebab kunci itu sebenarnya beda lagi dalam ilmu musik, tapi berhubung kebanyakan orang sudah terbiasa menamakannya kunci maka ra opo-opo, boleh..). 

Definisi, arti dan pengertian chord adalah sekumpulan nada-nada harmonis (normalnya 3 nada, ada juga yang 2 nada, ada juga yang 4 nada atau lebih) yang dibunyikan serentak (bisa juga dipetik satu-satu) untuk mengiringi lagu atau musik

Ini pengertian sederhananya… jadi tujuan bermain chord adalah sebagai ‘temannya’ lagu / musik yang sedang dibawakan, chord merupakan unsur paling penting didalam permainan musik, dan kemampuan bermain chord adalah penentu utama bagus tidaknya skill bermusik seseorang atau skill bermain alat musik seseorang. 

Chord terbentuk dari pengambilan beberapa nada yang harmonik dari suatu tangga nada (scale), berikut ini 3 scale (tangga nada) paling pokok dan utama yang menjadi dasar dari pembentukan atau pengambilan nada-nada untuk formula chord (chord tones).

3 Tangga Nada Pokok / Utama Dalam Musik


Tangga Nada (Scale) C Mayor

 
1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
E
F
G
A
B
C’

Tangga Nada (Scale) C Minor

 
1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
Eb
F
G
Ab
Bb
C’

Tangga Nada (Scale) C Dominant 7

 
1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
E
F
G
A
Bb
C’



Cara Bermain Chord / Kunci Gitar Untuk Pemula, Mudah, Tutorial Paling Lengkap


Cara bermain kunci (chord) gitar mudah dan lengkap untuk pemula - chord yang biasa kita mainkan seperti mayor dan minor adalah jenis chord yang  memiliki formula 3 nada atau biasa disebut triad, apa itu formula atau chord tones ? formula adalah nada-nada pembentuk chord. 

Darimana asalnya chord itu ? chord berasal dari tangga nada (scale), misalnya chord C major atau cukup ditulis C memiliki formula 1,3,5 atau C,E,G diambil dari nada pertama, ketiga dan kelima dari tangga nada C mayor, ini rumusnya chord C mayor.

Nada-nada formula ini harus dihafalkan, jangan cuma menghafal letak atau posisi chord pada fretboard gitar tapi kita wajib tahu juga nada-nada pembentuknya agar bisa berkembang skill bermusik kita.

Mengetahui chord tones atau formula adalah syarat utama supaya kita mampu bermain harmonik, melodik dan improvisasi, jadi sangat-sangat penting menghafal formula chord gitar untuk perkembangan skill bermain.

Jumlah total kunci / chord mayor pada gitar adalah 12 kunci / chord mayor

C, C# (Db), D, D# (Eb), E, F, F# (Gb), G, G# (Ab), A, A# (Bb), B.

Jumlah total kunci / chord minor pada gitar adalah 12 kunci / chord minor

Cm, C#m (Dbm), Dm, D#m (Ebm), Em, Fm, F#m (Gbm), Gm, G#m (Abm), Am, A#m (Bbm), Bm.


Belajar Kunci Gitar Chord Mayor Untuk Pemula


Jumlah kunci / chord mayor itu totalnya 12 chord, yang paling didahulukan untuk dilatih ada 7 chord sedangkan 5 chord lagi bisa menyusul setelahnya, berikut ini 7 chord dasar mayor yang paling sering digunakan dalam berbagai lagu / musik, penjelasan dasar dan asal muasalnya, detail cara memainkannya bisa disimak di video (5 chord mayor lainnya juga bisa anda simak di video lengkap belajar kunci / chord gitar, video ada dibawah). 

Kunci Gitar C Mayor (Chord C Mayor)


Chord C Mayor, merupakan chord pertama dalam urutan 12 kunci / chord Mayor, chord ini mungkin bisa disebut chord paling dikenal, karena umumnya siapapun yang baru mulai belajar gitar biasanya akan melatih kunci / chord gitar ini terlebih dahulu sebelum yang lainnya. Chord C Mayor memiliki formula chord (nada-nada pembentuk) : C, E, G, yang diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada C Mayor.

Kunci / chord gitar ini sering dimainkan di hampir semua genre / aliran musik. Bisa jadi karena paling dikenal, paling dasar dan juga mudah memainkannya. 

belajar kunci gitar c mayor, belajar chord gitar c mayor
Gambar kunci / chord C Mayor

  • Mainkan dari senar 5 sampai 1
  • Jari manis di fret (kolom) 3 senar 5
  • Jari tengah di fret (kolom) 2 senar 4
  • Senar 3 los (tanpa tekan)
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 1 senar 2
  • Senar 1 los (tanpa tekan)

Kunci Gitar D Mayor (Chord D Mayor)


Chord D Mayor, merupakan chord ketiga dalam urutan 12 kunci / chord Mayor (chord urutan kedua adalah C# Mayor atau Db Mayor). Chord gitar ini juga tergolong kunci / chord gitar yang sering digunakan, bunyinya lebih nyaring karena bentuk dasar chord ini nada-nadanya berada di senar 1, 2, 3, 4 gitar. Kunci / chord D Mayor memiliki formula chord : D, F#, A, yang diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada D Mayor. 

Kunci / chord gitar ini juga sering dimainkan di berbagai aliran genre musik, enak dimainkan untuk petikan gitar dan strumming (genjrengan) gitar, bunyinya nyaring jadi menonjol suaranya.

belajar kunci gitar d mayor, belajar chord gitar d mayor
Gambar kunci / chord D Mayor

  • Mainkan dari senar 4 sampai 1
  • Senar 4 los (tanpa tekan)
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 2 senar 3
  • Jari manis di fret (kolom) 3 senar 2
  • Jari tengah di fret (kolom) 2 senar 1

Kunci Gitar E Mayor (Chord E Mayor)


Chord E Mayor, adalah chord kelima dalam urutan 12 kunci / chord Mayor (chord urutan keempat adalah D# Mayor atau Eb Mayor). Chord gitar ini seperti chord-chord diatas, sering juga digunakan. Memiliki karakter bunyi yang full karena bentuk dasar kunci / chord gitar ini dimainkan mulai dari senar 1 sampai 6. Kunci / chord E Mayor memiliki formula chord : E, G#, B, yang diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada E Mayor.

Kunci / chord gitar ini hampir selalu ada di setiap genre aliran musik, terutama di genre musik yang mengandalkan permainan open chord seperti blues, rock n roll, funk, country, dan lain-lain, maka chord ini menjadi favorit para gitarisnya. 

belajar kunci gitar e mayor, belajar chord gitar e mayor
Gambar kunci / chord E Mayor

  • Mainkan dari senar 6 sampai 1
  • Senar 6 los (tanpa tekan)
  • Jari tengah di fret (kolom) 2 senar 5
  • Jari manis di fret (kolom) 2 senar 4
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 1 senar 3
  • Senar 2 los (tanpa tekan)
  • Senar 1 los (tanpa tekan)

Kunci Gitar F Mayor (Chord F Mayor)


Chord F Mayor, adalah chord keenam dalam urutan 12 kunci / chord Mayor (jarak nada antara chord E Mayor dan F Mayor cuma setengah, sehingga tidak memiliki nada kromatis diantaranya). Kunci / chord gitar ini memiliki juga karakter bunyi yang full karena bentuk dasarnya menggunakan 6 senar, chord ini menjadi dasar dari apa yang biasa disebut chord / kunci palang, balok, gantung, tegak atau dalam istilah musik disebut barre chord (block chord). Kunci / chord F Mayor memiliki formula chord : F, A, C, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada F Mayor.

Kunci / chord gitar ini juga tergolong favorit karena sering digunakan, hanya saja untuk para pemula terutama yang baru belajar gitar umumnya 'membenci' chord ini karena susah membunyikannya (saat dimainkan dalam bentuk fullnya bukan potongannya).

belajar kunci gitar f mayor, belajar chord gitar f mayor
Gambar kunci / chord F Mayor

  • Mainkan dari senar 6 sampai 1
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 1 lalu blok (tekan sekaligus) senar 6 sampai 1
  • Jari manis di fret (kolom) 3 senar 5
  • Jari kelingking di fret (kolom) 3 senar 4
  • Jari tengah di fret (kolom) 2 senar 3

Kunci Gitar G Mayor (Chord G Mayor)


Chord G Mayor, adalah chord kedelapan dalam urutan 12 kunci / chord Mayor (chord urutan ketujuh adalah F# Mayor atau Gb Mayor). Kunci / chord ini sama seperti sebelumnya juga memiliki suara yang full karena dibunyikan dengan 6 senar. Chord ini bisa disebut chord yang sangat sering digunakan dalam banyak iringan musik. Kunci / chord G Mayor memiliki formula chord : G, B, D, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada G Mayor.

Kunci / chord gitar ini seringkali diterapkan dalam permainan open chord (chord terbuka) karena banyak senar yang di-los saat memainkannya sehingga cocok untuk karakter genre musik yang butuh suara gitarnya lebih ramai dan menonjol. Untuk petikan gitar dan strumming sangat cocok.

belajar kunci gitar g mayor, belajar chord gitar g mayor
Gambar kunci / chord G Mayor

  • Mainkan dari senar 6 sampai 1
  • Jari manis di fret (kolom) 3 senar 6
  • Jari tengah di fret (kolom) 2 senar 5
  • Senar 4 los (tanpa tekan)
  • Senar 3 los (tanpa tekan)
  • Senar 2 los (tanpa tekan)
  • Jari kelingking di fret (kolom) 3 senar 1

Kunci Gitar A Mayor (Chord A Mayor)


Chord A Mayor, adalah chord kesepuluh dalam urutan 12 kunci / chord Mayor (chord urutan kesembilan adalah G# Mayor atau Ab Mayor). Kunci / chord gitar ini memiliki karakter suara yang cukup full, dibunyikan dengan 5 senar. Chord ini sangat fleksibel karena bentuk dasarnya bisa dimainkan dengan cara biasa maupun cara block. Kunci / chord A Mayor memiliki formula chord : A, C#, E, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada A Mayor.

Kunci / Chord gitar ini persis seperti chord E Mayor, sering digunakan di genre-genre musik yang berkarakter open chord, seperti blues, country, rock n roll, funk, folk, ballad, dan lain-lain. 

belajar kunci gitar a mayor, belajar chord gitar a mayor
Gambar kunci / chord A Mayor

  • Mainkan dari senar 5 sampai 1
  • Senar 5 los (tanpa tekan)
  • Jari tengah di fret (kolom) 2 senar 4
  • Jari manis di fret (kolom) 2 senar 3
  • Jari kelingking di fret (kolom) 2 senar 2
  • Senar 1 los (tanpa tekan)

Kunci Gitar B Mayor (Chord B Mayor)


Chord B Mayor, adalah chord keduabelas atau chord terakhir dalam urutan 12 kunci / chord Mayor (chord urutan kesebelas adalah A# Mayor atau Bb Mayor). Memiliki suara yang juga cukup full dan chord ini juga menjadi dasar dari chord / kunci palang, balok, gantung, tegak atau resminya disebut barre chord (block chord) untuk 5 senar kebawah, jika sebelumnya F Mayor untuk barre chord yang full 6 senar kebawah. Kunci / chord B Mayor memiliki formula chord : B, D#, F#, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada B Mayor.

Kunci / chord gitar ini mungkin agak jarang digunakan dibandingkan dengan 6 chord diatas, chord ini juga sedikit 'kurang disukai' oleh yang baru belajar gitar, karena tidak mudah membunyikannya dengan baik. Tapi chord ini dalam permainan gitar yang lebih luas lagi cukup sering digunakan, apalagi bentuknya yang barre chord yang bisa di-block formula nadanya sehingga bisa dieksplorasi untuk banyak permainan improvisasi gitar. Banyak permainan gitar yang asyik dan keren dimainkan dengan pola chord B Mayor.

belajar kunci gitar b mayor, belajar chord gitar b mayor
Gambar kunci / chord B Mayor

  • Mainkan dari senar 5 sampai 1
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 2 lalu blok (tekan sekaligus) senar 5 sampai 1
  • Jari tengah di fret (kolom) 4 senar 4
  • Jari manis di fret (kolom) 4 senar 3
  • Jari kelingking di fret (kolom) 4 senar 2

Note: chord mayor adalah chord yang penyebutannya boleh cukup dengan menyebut huruf chordnya saja, artinya tanpa menyebut 'mayor' pun tidak apa-apa. Contoh: menyebut chord C Mayor boleh cukup disebut dengan chord C.


Belajar Kunci Gitar Chord Minor Untuk Pemula


Jumlah chord minor sama persis seperti chord mayor, jumlahnya 12 chord minor dan lebih difokuskan untuk melatih 7 chord minor terlebih dahulu, 5 chord lainnya menyusul setelahnya. Kunci / chord minor biasa mendapat julukan 'kunci sedih' atau 'chord sedih' karena karakter suaranya yang memiliki sugesti sedih. Oleh sebab inilah banyak lagu sedih atau lagu galau yang menggunakan chord ini sebagai chord utama lagunya. Berikut penjabaran 7 chord minor yang biasa digunakan, untuk detailnya bisa anda simak di video. 

Kunci Gitar Cm (Chord C minor)


Chord C minor atau cukup ditulis Cm, adalah chord urutan pertama dari 12 kunci / chord minor. Memiliki suara yang cukup full, dimainkan dari senar 5 kebawah. Chord ini menjadi dasar dari barre chord (block chord) minor (chord/kunci palang, balok, gantung, tegak). Kunci / chord Cm memiliki formula chord : C, D#, G, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada C minor.

Kunci / chord gitar ini bisa disebut chord favorit para gitaris, bentuknya mudah dimainkan untuk banyak variasi maupun improvisasi gitar, baik petikan gitar, strumming (kocokan/genjrengan) gitar hingga ke melodi versi chording banyak memanfaatkan chord ini. Bentuk chord ini moveable (bisa digeser) sehingga fleksibel dan praktis jika pindah chord, tinggal geser tanpa merubah bentuk.

belajar kunci gitar cm (c minor), belajar chord gitar cm (c minor)
Gambar kunci / chord Cm

  • Mainkan dari senar 5 sampai 1
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 3 lalu blok (tekan sekaligus) senar 5 sampai 1
  • Jari manis di fret (kolom) 5 senar 4
  • Jari kelingking di fret (kolom) 5 senar 3
  • Jari tengah di fret (kolom) 4 senar 2

Kunci Gitar Dm (Chord D minor)


Chord D minor, cukup ditulis Dm, merupakan chord urutan ketiga dari 12 kunci / chord minor (chord urutan kedua adalah C#m atau Dbm). Memiliki karakter suara yang open chord dan cukup berbunyi nyaring karena dimainkan dari senar 4 kebawah. Kunci / chord Dm memiliki formula chord : D, F, A, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada D minor.

Kunci / chord gitar ini bisa dibilang termasuk chord minor yang paling sering dimainkan, sering dimainkan dalam banyak iringan lagu maupun musik. Bentuk dasarnya yang open sangat cocok untuk bermain petikan gitar maupun genjrengan (strumming) gitar.

belajar kunci gitar dm (d minor), belajar chord gitar dm (d minor)
Gambar kunci / chord Dm

  • Mainkan dari senar 4 sampai 1
  • Senar 4 los (tanpa tekan)
  • Jari tengah di fret (kolom) 2 senar 3
  • Jari manis di fret (kolom) 3 senar 2
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 1 senar 1

Kunci Gitar Em (Chord E minor)


Chord E minor, ditulis Em, adalah chord kelima dari urutan 12 kunci / chord minor (chord urutan keempat adalah D#m atau Ebm). Memiliki karakter suara yang sangat open serta full karena bentuk dasarnya dimainkan dengan 6 senar gitar. Kunci / chord Em memiliki formula chord : E, G, B, diambil dari nada ke 1, 3, 5, pada tangga nada E minor.

Kunci / chord gitar ini mendapat julukan chord 'sejuta umat' karena chord ini termasuk tipikal open chord yang paling mudah dimainkan, bahkan yang baru belajar gitar pun sangat suka dengan chord ini karena mudah dimainkan. Chord ini juga menjadi chord utama dalam banyak permainan gitar mulai dari petikan, genjrengan hingga permainan improvisasi gitar baik melodi maupun chording. Chord ini sering dijadikan basic dalam permainan gitar pop, blues, rock, funk, country, folk, ballad, fusion dan lain-lain.

belajar kunci gitar em (e minor), belajar chord gitar em (e minor)
Gambar kunci / chord Em

  • Mainkan dari senar 6 sampai 1
  • Senar 6 los (tanpa tekan)
  • Jari tengah di fret (kolom) 2 senar 5
  • Jari manis di fret (kolom) 2 senar 4
  • Senar 3 los (tanpa tekan)
  • Senar 2 los (tanpa tekan)
  • Senar 1 los (tanpa tekan)

Kunci Gitar Fm (Chord F minor)


Chord F minor, ditulis Fm, merupakan chord keenam dari urutan 12 kunci / chord minor (jaraknya cuma setengah nada dari chord Em, jadi tidak memiliki nada kromatis diantaranya). Memiliki karakter suara yang full dan chord ini juga menjadi dasar dari barre chord (block chord) yang biasa disebut kunci palang, tegak, balok, gantung dalam versi minor. Kunci / chord Fm memiliki formula chord : F, G#, C, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada F minor.

Kunci / chord gitar ini biasa digunakan dalam banyak tipikal permainan gitar seperti petikan, strumming hingga teknik bermain improvisasi baik chord maupun melodi. Yang sudah mahir atau jago bermain gitar banyak mengeksplorasi bentuk chord ini untuk menghadirkan permainan gitar yang keren, berkualitas dan indah. Chord ini juga termasuk moveable (bisa digeser jadi chord lain tanpa merubah bentuk).

belajar kunci gitar fm (f minor), belajar chord gitar fm (f minor)
Gambar kunci / chord Fm

  • Mainkan dari senar 6 sampai 1
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 1 lalu blok (tekan sekaligus) senar 6 sampai 1
  • Jari manis di fret (kolom) 3 senar 5
  • Jari kelingking di fret (kolom) 3 senar 4

Kunci Gitar Gm (Chord G minor)


Chord G minor, ditulis Gm, adalah chord kedelapan dari urutan 12 kunci / chord minor (chord urutan ketujuh adalah F#m atau Gbm). Sama persis seperti chord Fm bentuknya, tinggal geser 2 fret kedepan. Kunci / chord Gm memiliki formula chord : G, Bb, D, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada G minor.

Kunci / chord gitar ini secara fungsional sama persis dengan Fm karena memiliki bentuk yang sama, cocok dimainkan dengan banyak style permainan gitar.

belajar kunci gitar gm (g minor), belajar chord gitar gm (g minor)
Gambar kunci / chord Gm

  • Mainkan dari senar 6 sampai 1
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 3 lalu blok (tekan sekaligus) senar 6 sampai 1
  • Jari manis di fret (kolom) 5 senar 5
  • Jari kelingking di fret (kolom) 5 senar 4

Kunci Gitar Am (Chord A minor)


Chord A minor, ditulis Am, merupakan chord kesepuluh dari urutan 12 kunci / chord minor (chord urutan kesembilan adalah G#m atau Abm). Merupakan tipikal open chord yang bentuk dasarnya dimainkan dari senar 5 kebawah, suaranya cukup full. Kunci / chord Am memiliki formula chord : A, C, E, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada A minor.

Kunci / chord gitar ini sama seperti Em, memiliki julukan chord 'sejuta umat' karena termasuk chord atau kunci gitar yang sangat sering dimainkan dan mudah dimainkan. Chord ini juga termasuk kunci gitar utama yang paling sering digunakan dalam banyak lagu maupun iringan musik, mulai dari pop, rock, ballad, folk, blues, country, klasik, funk, rap hiphop, electro dan sebagainya.

belajar kunci gitar am (a minor), belajar chord gitar am (a minor)
Gambar kunci / chord Am

  • Mainkan dari senar 5 sampai 1
  • Senar 5 los (tanpa tekan)
  • Jari tengah di fret (kolom) 2 senar 4
  • Jari manis di fret (kolom) 2 senar 3
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 1 senar 2
  • Senar 1 los (tanpa tekan)

Kunci Gitar Bm (Chord B minor)


Chord B minor, ditulis Bm, adalah chord terakhir dari urutan 12 kunci / chord minor (chord urutan kesebelas adalah Bbm atau A#m). Merupakan tipikal barre chord (block chord) versi minor yang dimainkan dari senar 5 kebawah. Suaranya cukup full. Kunci / chord Bm memiliki formula chord : B, D, F#, diambil dari nada ke 1, 3, 5 pada tangga nada B minor.

Kunci / chord gitar ini sama persis bentuk dasarnya seperti Cm, hanya berjarak setengah atau mundur satu fret ke belakang dari Cm. Karena tergolong chord yang moveable (bisa digeser) maka chord ini sangat sering digunakan dalam banyak permainan gitar karena kepraktisannya dan keluwesannya.

belajar kunci gitar bm (b minor), belajar chord gitar bm (b minor)
Gambar kunci / chord Bm

  • Mainkan dari senar 5 sampai 1
  • Jari telunjuk di fret (kolom) 2 lalu blok (tekan sekaligus) senar 5 sampai 1
  • Jari manis di fret (kolom) 4 senar 4
  • Jari kelingking di fret (kolom) 4 senar 3
  • Jari tengah di fret (kolom) 3 senar 2

Demikian pelajaran kunci / chord mayor dan minor, untuk lebih lengkap, rinci, detail dan jelas lagi silahkan simak langsung video tutorialnya dibawah. 



Video Tutorial Belajar Gitar Latihan Kunci / Chord Dasar Lengkap Untuk Pemula


Untuk cara bermain chord mayor dan minor gitar secara detail bisa langsung disimak di video, akan dijelaskan secara rinci dan tertib baik penjarian (jari tekan), posisi, cara tekan dan juga beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pemula dalam memainkan chord / kunci gitar tertentu.

Pada video di bagian bawahnya lagi adalah penjelasan yang jauh lebih luas karena sangat lengkap penjabarannya mulai dari mengenal fretboard (papan nada gitar), senam jari, mengenal 24 chord gitar dasar, variasi bermain, petikan, genjrengan, bahkan hingga penjelasan melodi dan improvisasi, jadi bisa dibilang video belajar gitar dasar untuk pemula yang sangat komplit dan gratis, semoga berguna untuk anda.

Sebelum menonton videonya, kita wajib tahu terlebih dahulu jumlah total nada atau biasa disebut tangga nada kromatik, nada totalnya berjumlah 12, rinciannya perhatikan dibawah ini;

Tangga Nada (Scale) Kromatik


tangga nada kromatik, belajar gitar

Beberapa pakar musik berkata,”sebenarnya didalam musik itu, tugasnya kita cuma mengolah 12 nada kromatik, diolah sebaik dan sebagus mungkin, tidak ada lagi yang lain…”.

Ya memang betul adanya, karena permainan musik apapun pasti cuma berputar di 12 nada kromatik (*apa sih kromatik? artinya kumpulan nada-nada yang berjarak setengah, kalau di gitar dan bass, jarak setengah nada itu = 1 fret).

Ada lagi yang tanya,”om itu apa maksudnya C# kok dibawahnya ada Db?” jawab: itu namanya nada enharmonik, apa itu? satu nada tapi punya dua nama, jadi nama lain dari C# itu ya Db, ingat tanda # (kruis) dibaca ‘is’ artinya naik setengah, contoh: C# dibaca Cis, D# dibaca Dis, dan seterusnya… 

Untuk tanda b (mol) dibaca ‘es’ artinya turun setengah, contoh: Bb dibaca Bes, Gb dibaca Ges, dan seterusnya… paham kan? 

Nah setelah membahas tangga nada kromatik, sekarang waktunya kita tampilkan video dan gambar lengkap kunci / chord mayor, minor dan dominant lengkap dengan formulanya serta juga dengan beberapa pola pilihan main, selamat menyimak tutorialnya, video belajar kunci / chord gitar berikut ini ;


Belajar 12 Kunci / Chord Mayor Gitar, Cara Bermain Dan Teknik Yang Benar






Belajar Lengkap Cara Bermain 24 Chord Mayor / Minor Gitar Hingga Penjelasan Arpeggio, Melodi, Harmoni, Improvisasi






Penjelasan belajar 24 jenis chord mayor dan minor dalam video ini sangat lengkap penjabarannya, hingga membahas tentang teknik arpeggio (chording) gitar, teknik melodi gitar, teknik improvisasi gitar, berbagai voicing chord (variasi pembunyian chord), dan banyak lagi lainnya, silahkan simak videonya untuk menyerap banyak ilmu-ilmu penting tentang gitar.


Untuk menyimak gambar detail cara bermain kunci / chord mayor, minor dan dominant lengkap dengan berbagai varian posisi chord, klik link-link berikut ini : 

Gambar 12 Kunci / Chord Mayor Gitar 

Gambar 12 Kunci / Chord Minor Gitar

Gambar 12 Kunci / Chord Dominant Gitar



Belajar Kunci Gitar Pola Chord (Chord Pattern)

 
Pola chord, apa itu? pola chord adalah kita memainkan chord yang sama di tempat yang berbeda-beda atau posisi yang berbeda-beda di fretboard gitar, pola chord sekalipun berbeda lokasi, bentuk dan gaya tekan chord pada hakikatnya tidak merubah formula chord tersebut, isi nada-nada pembentuknya tetap sama.

Pola chord jumlahnya sangat banyak bahkan bisa mencapai ratusan pola (ini yang paling membuat mumet para pemula), apalagi mendalami bentuk-bentuk voicing chord atau inversi chord, tapi yang wajib kita tahu minimal di 3 tempat, yakni; open chord, barre chord dan partial chord.

Tiap pola memiliki sugesti masing-masing, open chord kesannya santai, barre chord atau block chord kesannya serius, groovy dan berwatak, partial chord kesannya melodik dan terang.

Kita boleh memainkan mana saja yang kita suka, tapi alangkah baiknya disesuaikan, misalnya ada lagu yang butuh suara gitar yang besar dan ramai maka cocok dengan open chord atau barre chord, kurang pas jika suasananya ramai lalu kita mengiringi lagu dengan partial chord.

Begitupun jika kita ingin suasana yang santai maka cocok dengan open chord, suasana yang semarak cocok dengan barre chord, suasana yang butuh fokus, detil dan harmonik melodik maka cocok dengan partial chord.

Ini kira-kira gambaran penggunaannya, gunakan sebijak dan setepat mungkin. Jika anda ingin mendalami sugesti chord dan macam-macam chord lainnya silahkan baca artikel Cara Mencari Chord Kunci Lagu Dan Belajar Lengkap Chord / Kunci Gitar, Piano & Bass

Tidak semua chord ada versi open chordnya, apa sih open chord? Open chord adalah chord yang memiliki satu atau lebih formula nada yang di los (dibunyikan tanpa ditekan), open chord adalah chord-chord paling populer karena biasa dimainkan seperti chord C, Am, G, Em, Dm, dan lain-lain…

Diantara chord-chord major yang memiliki versi open adalah C, D, E, G, A. untuk chord minor nya adalah Dm, Em, Am. Untuk chord dominant nya adalah C7, D7, E7, F#7, G7, A7, B7

Barre chord (*baca: bar) atau block chord (*lucunya di anak-anak muda kita sering disebut kunci balok hehe.. ini sebenarnya kata yang kepleset dari kata block), chord ini terlihat bonafit dan elegan.

Dan memang kebanyakan pemain profesional bermain di barre chord karena lebih fleksibel dan luwes untuk bergerak kemana saja, lebih mudah untuk pembentukan pattern-pattern permainan serta lebih powerful dan padat.

Ciri barre chord adalah tidak ada satupun nada yang di los, semuanya diblok. Dan memang harus diakui bahwa melatih barre chord ini lebih sulit daripada open chord.

Partial chord, adalah chord atau kunci yang dipotong dari versi full nya, biasanya partial chord ini adalah potongan dari barre chord, sebut saja barre chord versi mini.

Partial chord atau chord kecil cocok untuk permainan-permainan chord yang membutuhkan nada-nada yang lebih mendetil, karena memang permainan partial ini biasanya cuma bermain di dua, tiga atau empat senar, tidak pernah full, jadi cocok untuk mencari titik fokus nada permainan.
 



(Words/Lesson By Dani MKD @ReyalMusik)





Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama